Pemeriksaan Kehamilan week 17 & 21

Pemeriksaan kali ini waktu umur kandungan 17 minggu. Lagi-lagi puas banget dg pemeriksaan kali ini. Lengkap kap kap..

  • Berat saya naik 1,5 kg kalo dibanding bulan lalu. Makin bunder aja deh.. :p
  • Begitu masuk, di USG eh dokternya tiba2 langsung nyeletuk jenis kelaminnya. Apa itu? Sementara ini cukup saya, suami, dokter dan tentu Tuhan aja yang tau ya. Biar aja orang nebak2 dulu sesukanya. :p Takutnya jg blm pasti karna masih 17 minggu. Yang jelas dijelasin kalo perempuan, diantara selangkangannya itu datar, tidak menonjol. Sedangkan kalo laki-laki itu sebaliknya. Dokternya bilang nanti akan dipastikan lagi sewaktu kandungan berumur 6 bulan.
  • Setelah itu saya dikasih air mineral 1 gelas disuruh nghabisin. Ternyata buat merangsang agar si janin mau gerak. Baru tau ada metode kayak gini. Dokternya bilang makanya harus banyak minum air karna makanan itu didistribusikan oleh air. Plasenta akan menyerap makanan dr usus kalo ada air. Trus saya disuruh agak miring ke kiri. Benar saja begitu airnya sampai diusus dan kmdn diserap oleh plasenta maka janinnya gerak2.
  • Trus dicek matanya bening jadi ga ada katarak, kepala normal tidak ada hidrosefalus, bibir tidak bolong berarti tidak ada bibir sumbing. Ada 2 buah kaki, 2 buah tangan, jantung, kandung kemih.
    Alhamdulillah..
  • Pertanyaan saya kali ini kelainan apa saja sih yang bisa dicek pake USG. Dokternya bilang semua kelainan kecuali tanda lahir.
  • Saran yang baru : kali ini harus dibanyakin proteinnya karna 70% perkembangan otak itu ada di rahim. Olahraga jalan kaki 10 menit 2 kali seminggu. Agar ibunya kuat. Kalau kuat virus akan susah masuk. Oke deh akan saya usahakan. Karna bulan lalu masih jarang2.
  • Vitaminnya diganti dengan yang lebih banyak kandungan gizinya yaitu Obipluz.

Dokternya ngecek pake USG sambil menjelaskan detailnya panjang lebar gitu. Berasa kuliah.. Ga rugi banget kan. Biasanya kan kalo yg lain cm di USG srut srut trs dokternya cm bilang oke ga ada masalah. Nggondok deh kitanya..😀

Pemeriksaan kedua di semester kedua adalah ketika janin berumur 21 minggu. Pemeriksaan kali ini ga jauh beda sama pemeriksaan sebelumnya.

  • Jenis kelamin seperti yg dibilang sebelumnya.Pengecekan USG Alhamdulillah normal semua.
  • Kondisi janin semua normal
  • Pertanyaan : Bagaimana tahu kalo perkembangan si janin optimal? Jawaban : kalo optimal kan masalah kualitas. Blm bisa diketahui kalo blm lahir. Cuma bisa mengetahui kuantitas. Misal berat badan, panjang janin dsb.
  • Saran : minum banyak air putih. paling tidak kebutuhannya 3 L/ hari. waduh… 2 L aja kayaknya empet2an..😀 trus perbanyak makan kacang hijau. Paling tidak 3 mangkok / hari. Kalo bosen bisa diganti tempe. Hm..
  • Dikasih rujukan periksa darah yg harus dilakukan sehari sebelum pemeriksaan bulan depan. Bisa di puskesmas atau di laboratorium.
  • Vitamin masih sama Obipluz.
  • Olahraga masih jalan 10 menit, 2x seminggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s