Pemeriksaan kehamilan kedua week 34

Dua minggu ini punya PR nungging2 (cest-knee position) biar janin ga sungsang. Bayanginnya udah serem deh kalo bayi sungsang. Bakal operasi sesar, ga bisa IMD, ribet dsb dsb.. Hu hu…  Karna dulu si mas bisa balik ke posisi normal dalam waktu 3 hari, pas minggu ke 33 Saya periksain ke puskesmas (yg deket kantor aja). Ternyata masih di atas kepalanya. Sempet nanya ke bidan, gimana sih caranya tau letak kepalanya, bidannya bilang ya diraba aja kalo keras & bulat berarti itu kepala. Udah nyoba2 tapi kok tetep ga bisa mbedain mana yg kepala mana yg pantat ya.. *ga bakat jadi bidan*😀

Trus pas senam hamil kan dipriksa juga sama bidan yang jadi instruktur senam, Eh masih di atas juga.. Padahal emaknya udah nungging2 sampe pegel. Padahal perasaan posisi nungging udah bener. Udah sesuai ajaran bidan Riris pas senam hamil. Minimal 2 x sehari dengan durasi minimal 15 menit pas janinnya lagi aktif juga. Udah sering mengajak komunikasi si dedek juga biar posisinya benar. Okedeh.. Sepertinya si janin masih menikmati posisi itu.. Sabar..

Tiba saatnya minggu ke 34 waktunya kontrol. Siap2 reservasi dokter Enny. Eh ladalah ternyata antrinya ampun deh.. Dapet antrian nomor 22, 8 hari setelah nelpon. Wuah kok pasiennya jadi menggila gini ya. Hix.. Padahal sebelum2nya langsung dapet hari itu juga lhoh. Mau priksa yang di JIH tapi jamnya ga pas..

Karna udah penasaran sama posisi terakhirnya akhirnya nyoba ke dokter lain di RSKIA Sadewa. Sekalian mau survey RS yang support BPJS. Sedih sih kalo harus nglairin bukan dengan dokter Enny karna RS JIH ga support BPJS.. Tapi kalo tanpa asuransi, takutnya kenapa2 misal sesar (amit2 deh) dll biayanya bisa membengkak ga karu2an.. *nasih abdi negara* Kebetulan di Sadewa adanya dokter cowo. Rada risih juga sih.. Tapi gpp deh ini juga dokter favorit. Banyak yang merekomendasikan & banget pasiennya.

Tapi ternyata.. Rada kecewa. Ga cerewet (informatif) kayak dokter Enny. Huhu.. Kalo ga ditanya ga jawab. Cepet banget priksanya dan mesin USGnya bagusan punya nya dokter Enny.

Tapi at least di dokter ini dapet 2 informasi penting :

  1. Posisi janin kepalanya udah di bawah. Alhamdulillah dedeknya bisa di ajak kerjasama.. Gitu terus ya nak sampe lairan.. Kontraksi palsu & lendir itu wajar. Bukan karna stress atau kecapekan.
  2. BPJS bisa mencover semua termasuk lairan normal. Asal emergency. Dokternya bilang ‘semua lairan kalo udah kenceng2 ya itu termasuk emergency. Masa udah di depan Rumah sakit disuruh ke puskesmas minta rujukan. Itulah enaknya lairan. Lebih simple. Itu cuma mau ngubah mind set orang Indonesia aja kalo lairan bisa di puskesmas. Tapi orang Indonesia belum siap.’ Ya secara orang kan lebih memilih kenyamanan lairan di RS drpd di puskesmas yah..🙂 Beberapa Bulan yang lalu temen Saya juga ada yang lairan di PKU tanpa surat rujukan langsung ke UGD pas baru bukaan 1, lairan normal tanpa penyulit juga bisa dicover BPJS. Tapi kalo tanya2 ke puskesmas atau BPJS nya pasti disuruh minta rujukan dulu. Ya let’s see.. Soal BPJS, Insya Allah nanti saya posting lagi setelah lairan..🙂

So far udah 90% yakin deh mau lairan di RSKIA Sadewa. Tempatnya nyaman karna khusus ibu & anak, ga semrawut Rumah sakit umum, support BPJS, relatif dekat dg rumah (penting banget karna punya anak balita jadi bakal sering bolak balik rumah) dan biayanya sangat terjangkau kalaupun ga di cover oleh BPJS. Cuma masih belom tahu dengan dokter siapa. Kalau kontrol rutin tetep lah dokter Enny itu juaraaaaaa…

One thought on “Pemeriksaan kehamilan kedua week 34

  1. Toss ahh bun… Sy jg cinta am dr enny selain cantik orgnya ramah dan informatif sekali
    Ceritanya saya mw periksa lg nih konsultasi makanya browsing google nyasar dimari
    Seneng bs pny pngalaman yg sama dgn dr enny
    Dan sayang lahiran gag sm beliau krn saia bersalin d sadewa
    Hihihi…
    Udh brp bln dd nya danis?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s