Pemeriksaan kehamilan kedua week 27

Kunjungan rutin kali ini, saya harus membawa hasil tes hematologi lengkap, golongan darah (plus resus), urine rutin & glukosa sewaktu. Saya cek lab 4 hari sebelum kunjungan. Dan hasilnya lumayan bikin galau.. Jadi untuk hb, gula darah normal. Tp leukosit saya di atas rata2. Yang normal 3600-11000 sedangkan leukosit saya 11970. Kemudian dari hasil cek urine rutin, yg janggal adalah warnanya yg agak keruh, sedimen epitel 20-25 (normalnya 5-15/lpb) dan bakteri positif. Dari hasil browsing, kemungkinan ISK (Infeksi saluran kemih) yang harus segera ditangani dg antibiotik. Kalo tidak bisa mengakibatkan prematur atau berat bayi lahir rendah. Ada yang bilang bisa pecah ketuban dini juga.. Huhu.. serem jg ya..

Jadi nyesel jg kenapa selama ini sering banget nahan pipis. Kalo udah asik ngerjain apa gitu jadi males ke kamar mandi. Hix.. Padahal saya pikir udah melakukan yg terbaik..

Masih ada waktu 3 hari sebelum kunjungan. Saya coba buat meningkatkan higienitas daerah V, minum banyak air, nggak nahan pipis dan minum jus cranberry. Wait.. cranberry.. Iya banyak artikel yang menyebutkan klo cranberry bisa membunuh bakteri E.coli yang menyebabkan ISK. Terlepas hoax atau bukan, ga ada salahnya dicoba. Toh bukan produk aneh2. Cuma buah yang menyehatkan. Untungnya di s***rindo ada jus cranberry yg merk d***ond. Langsung beli 2 box deh..

Karna penasaran dan kelamaan nunggu dokternya, besoknya saya iseng2 nanya ke puskesmas (karna sebelahan sama kantor). Ternyata ga perlu ke dokter spesialis apa gitu. Dan ga harus buru2 karna ga parah. Ga masalah kalo nunggu jadwal kunjungan ke dokter kandungan.

Pas hari H kunjungan ke dokter, paginya saya cek urin lengkap lagi. Penasaran karna waktu saya lihat warna urinnya udah jernih. Yah barangkali sudah hilang bakterinya. Dan hasilnya memang epitelnya normal dan ga ada bakteri. Sebegitu cepatkah ISK bisa sembuh????

Dan ternyata kata si dokter setelah membaca hasil labnya, semua normal. Bukan ISK karna nitritnya negatif. Kalo ada bakteri bisa jadi karena wadahnya yg ga higienis. Eaaaa.. Tiwas galau.. Tapi gpp jadi lebih berhati2 biar ga kena ISK.😀 Ini kehamilan kedua dan ternyata masih banyak banget yang harus dipelajari..

Oke lanjut ke hasil pemeriksaan dengan si dokter kandungan..

  • Yang jelas alhamdulillah hasil cek lab bagus semua.
  • Semua organ normal.
  • Pergerakan sendi normal.
  • Jantung ada 4 ruang. Tidak terlihat adanya kebocoran jantung
  • Bayi udah pada posisi. Kepalanya di bawah, punggung di kiri.
  • Pertanyaan saya : Gimana caranya biar lairan normal. Kata si dokter, kalau perkembangan berat badan si janin seperti saat ini maka kemungkinan biaa normal.
  • Makan banyak buah biar apa saya lupa. haha
  • Sebaiknya tidur miring ke kiri. Kalau capek bisa sekali2 miring kanan. yang jelas tidur terlentang itu tidak bagus buat bumil.
  • Perbanyak protein nabati seperti kacang hijau, tempe, kacang tanah dll
  • Vitaminnya masih obipluz ditambah osteocare untuk kalsiumnya.

Leave a Reply

