Pemeriksaan kehamilan kedua semester pertama

Pengeeen banget sharing soal betapa puasnya saya dengan bu dokter cantik, pintar dan sangat informatif ini. Perjalanan mencari dokter kandungan pada saat kehamilan pertama saya cukup panjang. Akhirnya saya kepincut dengan Dr. Enny  S Pamudji meskipun akhirnya memilih dokter Detty SPOG pada saat melahirkan dengan alasan memaksimalkan hak ASKES saya di RS Pemerintah. Hehe.. maaf ya dr. Enny..

Dan kehamilan kedua kali ini saya kembali ke dokter Enny. Ini nih yang enak dari dokter Enny :

  • Pinter, Informatif dan detail buuuanget.. ga perlu ditanya juga bakal jelasin panjang lebar A-Z kayak kuliah. Banyak tes ini tes itu juga. Banyak saran yang ga mudah kita temukan dari sekitar / internet.
  • RUM banget. Rational used of medicine. Ga gampang ngasih obat. Pokoknya sealami mungkin.
  • Praktek di rumah ( Jl. Solo) dan JIH. Kalo saya lebih suka dirumahnya. Karna lebih murah & lebih gampang. Bisa daftar lewat telpon ke 0274-6552400. Petugas pendaftarannya ramah banget dan sangat membantu (ini jauh lebih baik dari tahun 2012 silam). Jadi bakal dikasih tau dapet nomor berapa dan harus datang jam berapa. Kalo dokternya ada perubahan jadwal akan di SMS. Jadi kita ga perlu buang2 waktu buat ngantri di sana. Paling ngantri antara setengah sampe satu jaman saja.
  • Pro ASI, pro normal, pro IMD
  • Ngeprint USG sesuka dokternya. Kadang sampe 2 bahkan 3. Tanpa biaya tambahan. Dapet album USG pula.
  • Dapet buku rekam medik untuk ibu hamil. Beliau rajin nulis di buku itu. Lengkap banget tulisannya meski susah dibaca :p Jadi kalo mau pindah dokter, kita udah punya datanya.
  • Print USGnya jelas banget kalo dibandingkan dengan yg lain. Mungkin karna spesifikasinya lebih tinggi kali ya.
  • Bisa lama USGnya.. kadang USG abdominal (di perut), kadang juga trans V. Tergantung kebutuhannya.

Pemeriksaan PERTAMA adalah waktu kandungan berusia 5 minggu.

  • Begitu dateng komentar si dokter, wah kakaknya masih kecil banget ya.. (Waktu itu umur Danis 2 tahun kurang 2 minggu) Yup. Jangan kaget, dokter satu ini memang to the point kalo ngomong..
  • Trus di USG, dokternya bilang ‘ga ada masalah, letaknya ga diluar kandungan’ trus ditunjukin mana kantung rahimnya, mana janinnya. Diitung umur kandungannya. Itungan manual dengan USG ada selisih beberapa hari karna siklus menstruasi saya yang ga teratur.
  • Dan kemudian USG Trans V.
  • Saya nanya apakah ga masalah kalo saya menyusui. Sebenernya udah tau sih jawabannya boleh, tapi untuk lebih memastikan saja. Dan jawabannya ‘ga masalah, kan belum tentu berkembang janinnya’. Jawaban yg sangat to the point tp cukup tidak menenangkan untuk yg ga siap.. Tapi untungnya saya sudah banyak baca, jadi ya santai2 aja dijawab begitu. :p
  • Pertanyaan yg lain adalah apakah penguat kandungan itu. Karna beberapa kali denger kalo temen saya divonis kandungannya lemah dan diberi obat penguat kandungan oleh dokternya. Dan si dokter bilang kalau penguat kandungan itu tidak ada. Hm.. lupa penjelasanya apa. Tapi emang yg aku suka dari dokter ini karna beliau RUM (Rational used of medicine) banget.
  • Saran dari dokter : Yang aku sukaaa dari dokter ini adalah mau bagi2 ilmu & tips2 menarik panjang lebar tanpa kita tanyakan. Trus dikasih saran-saran to do list banyak banget. Larangannya emang banyak. Tapi saya justru suka yg seperti ini.. Nggak boleh pake pembersih kewanitaan, sabun tidak boleh kena daerah v agar bakteri baik di sekitar situ ga mati. Kehamilan harus dibuat sealami mungkin dengan makan banyak buah, ga perlu pake make up, cream macem2 apalagi yg pake pemutih. Intinya simple aja dandannya. Pake yang diperlukan aja. Kalo yang ini sih saya ga ada masalah ya. Emang dari sononya ga suka dandan.😀 Trus ga boleh makan mentah2 untuk menghindari virus toksoplasma, ga boleh makan hasil laut, takutnya banyak kandungan merkurinya. ga boleh makan makanan yg mengandung pengawet & MSG (yg ini jg udah tiap hari saya lakukan)
  • Vitamin : Folavit

Pemeriksaan KEDUA adalah waktu kandungan berumur 10 minggu.

  • diukur panjang, berat janin & umur janin. normal. sesuai dg umur.
  • Untuk saran, ga banyak yg baru.
  • Vitaminnya jg masih sama.
  • Disuruh balik lagi saat usia kehamilan 13 minggu untuk pengecekan down syndrome.
  • Pertanyaan saya : Apakah perlu tes torch? dan beliau nanya apa pernah sakit waktu hamil, apa ada hewan peliharaan, apa suka makan mentah2an. Dan ketika saya bilang enggak, dokternya bilang ga perlu tes torch. Eh tapi.. kayaknya sih pernah ya makan mentah. Tapi bismillah lah semoga sehat.. Dulu rencana sebelum hamil kedua pengen tes torch & thalasemia. Tapi ternyata hamil duluan sblm sempet tes2. Ya sudah bismillah aja

Pemeriksaan KETIGA waktu kandungan berumur 13 minggu

  • Seperti yg disampaikan di pemeriksaan sebelumnya, kali ini pemeriksaan down syndrome. Ternyata bisa dicek menggunakan USG. Kali ini yg trans V biar lebih jelas katanya. Alhamdulillah dokter bilang mulus, tidak ada tanda2 down syndrome. Tidak ada penebalan punuk.
  • Saran yg baru : olahraga jalan kaki selama 10 menit 2 kali seminggu. ga boleh kurang atau lebih dari 10 menit.
  • Waktu itu saya lagi sariawan akut. Jadi pertanyaan saya bolehkah dikasih albot*l. DokTernya bilang kenapa harus albot*l, mendingan vitaci**n aja. Trus saya nanya kan dosisnya tinggi bgt ya kalo vitacimin smp 500 mg. Dokternya bilang gpp nanti kan kelebihannya dibuang lewat urin. Tapi akhirnya ga saya kasih apa2 sariawannya. Paling buah2 yg menandung vitamin C aja. Ntar jg sembuh sendiri.
  • Pemeriksaan kali ini seperti biasa diukur panjang, lingkar kepala. normal.
  • Vitaminnya diganti dengan Prenatin DF.
  • Sudah mulai kelihatan 2 tangan, 2 kaki, 4 bilik jantung, denyut jantung.

Oke.. itu dulu ya sharing untuk semester pertama. Semester kedua pemeriksaannya akan lebih seru karna organ2nya, gerakannya dan jenis kelaminnya sudah jelas.🙂

Leave a Reply

