Berikan yang terbaik, lebih alami dan nikmati setiap momennya..

Sebagai orang tua kita pasti ingin yang terbaik bagi anak kita.. Anak yang lebih pintar, lebih sehat..

Tapi kadang orang tua terlalu berlebihan dalam memikirkan cara/media apa yang terbaik untuk menjadikan anak kita yang terbaik. Terlalu berlebihan dalam mengkhawatirkan apakah yang diberikan ke anak sudah cukup.

Terlalu memusingkan higienitas anak dengan memberikan banyak batasan dan larangan.

Kadang sibuk mencarikan mainan apa yang terbaik, yang bisa menstimulasi berbagai macam aspek perkembangan anak.

Sibuk mencarikan sekolah yang berlangkah2 lebih cepat untuk ‘memintarkan’ anak.

Dan yang parah akan dengan mudah terpengaruh iklan susu formula dan suplemen anak sehingga sibuk memilihkan susu formula & suplemen ‘terbaik’ untuk anak.

Karna takut anaknya ketinggalan. Takut anaknya dianggap bodoh. Takut orang tuanya dianggap ga becus urus anak. Takut anaknya dikatain kurus padahal sehat. Takut dibilang ga mampu. Takut dibilang pelit ke anak dsb dsb..

Ya kita sebagai orang tua memang perlu memberikan yang terbaik untuk anak. Tapi bukan yang berlebihan kan.. Bukan berarti melupakan proses alami. Bukan berarti membuat stress sampai lupa menikmati setiap momennya..

Jangan lupakan bahwa alam dan lingkungan sekitar juga diciptakan untuk anak.

Kadang perlu membiarkan anak mengeksplorasi seisi rumah (mengacak2 isi dompet, mengeluarkan semua isi kulkas, bermain2 dengan kelambu, mencoret-coret tembok) dan dia akan mendapatkan bermacam-macam stimulasi yang bisa jadi tidak ada di mainan anak buatan manusia manapun.

Lepaskan anak di alam bebas (bukit belakang sekolah, sawah tetangga, gundukan pasir di belakang rumah, halaman rumah yang becek, kandang ayam kakek) dan dia akan mendapatkan pengalaman dan imunitas yang bisa jadi tidak ada vaksinnya. Tentunya selama tidak membahayakan keselamatan anak.

1012053_10151720863013886_1679339153_n

Kadang biarkan anak mengunjungi teman/saudara, bersantai bersenda gurau ataupun do nothing dengan keluarga dan dia akan mendapatkan pelajaran sosial yang bisa jadi tidak ada di sekolah manapun.

Berikan cairan terbaik (ASI) dan biarkan dia mendapatkan pengalaman merasakan berbagai macam nutrisi dari alam. Dan kita tidak perlu pusing memilih & membayar mahalnya susu formula & sumplemen untuk anak.

Nikmati dan syukuri setiap momen perkembangan anak..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s