Tips dan strategi menghadapi TPA (Tes Potensi Akademik)

Hasil TPA saya kemarin cukup memuaskan meski cuma punya waktu 3 jam untuk latihan. Ada kenaikan 75 poin dari TPA 3 tahun yang lalu. Disini saya mau kasih tips2. Semoga bisa membantu..🙂

Ada 3 sub tes dengan waktu masing2 1 jam. Jangan lupa bahwa seperti tes TOEFL, jika mengerjakan pada sub tes tertentu tidak boleh mengerjakan sub tes lain. Setiap sub tes mempunyai score masing2.

  • Tes Verbal (90 soal)
  • Tes Kuantitatif / Angka (90 soal)
  • Tes Skolastik / Logika (70 soal)

Sub tes pertama (kemampuan verbal) terdiri atas sinonim, antonim, padanan hubungan & bacaan. Istilah2nya jarang banget ditemuin di kehidupan sehari2. Kemaren saya cukup tertolong karna ada beberapa soal dari http://www.tespotensiakademik.co.cc/ yang keluar.😀 Dan cukup tertolong dari soal2 bacaan.

Sub tes kedua (Kuantitatif / Angka) yaitu aritmetik, deret bilangan, deret huruf , logika angka, angka dalam cerita. Sebenarnya soalnya gampang2 kalo menurut saya karena kebetulan saya suka matematika. Cuma waktunya aja yang kurang banyak. Jadi kemaren ada beberapa soal yang ga saya kerjain. T_T dan sedihnya ditengah2 mengerjakan bagian ini perutku tiba-tiba sakit banget. Hix. Benar2 menderita. Untung masih bisa ditahan sampai akhir tes. Karna peraturannya tidak boleh keluar waktu tes.

Untuk sub tes ketiga (Logika), terdiri atas logika umum, logika analisa silogisme, logika cerita dan logika gambar. Logika gambar adalah bagian tes yang paling saya suka selain tes kuantitatif. Mengerjakannya seperti sedang bermain puzzle yang harus dipecahkan. Mengasikkan kan..😀 Di sub tes ketiga ini yang agak susah mungkin di logika umum & logika analisa silogisme. Gara-gara kemarin sering muncul kata “sementara” yang seingatku dulu ga ada ketika saya dapet pelajaran logika matematika & logika informatika. T_T

Untuk penilaian TPA, terdiri dari 4 score yaitu score untuk masing2 sub tes & score total. Alhamdulillah kemarin aku dapet 60,54 untuk verbal,  69,75 untuk kuantitatif, 66,29 untuk logika, dan 655,37 untuk totalnya. Lumayanlah.. Mungkin bisa lebih maksimal kalau saja banyak latihan & tidak sakit perut *hahah! ngeles!*. Untuk range nilai total adalah 200 – 800.

Ini ada beberapa tips untuk menghadapi TPA :

  • Sering-sering latihan TPA. Bisa dari buku-buku yang tersedia di pasaran atau http://www.tespotensiakademik.co.cc/. Sayang sekali kemarin saya cuma punya waktu 3 jam untuk latihan TPA. Itupun malam sebelum hari H.
  • Untuk meningkatkan kemampuan logika dan aritmatika bisa dengan sering2 bermain game yang meningkatkan kemampuan otak seperti sudoku. Bisa juga game-game di http://miniclip.com, www.gamehouse.com atau http://www.lumosity.com. Atau kalo punya handphone nokia bisa download game “SPB Brain” atau game2 lainnya melalui https://store.ovi.com/.
  • Untuk persiapan tes verbal, sering-seringlah membaca kolom-kolom di koran.
  • Usahakan buang air kecil dan air besar sebelum tes😀
  • Sarapan dan minum cukup air sebelum tes
  • Membawa banyak pensil 2B yang sudah ditajamkan. Kalo pensilnya cuma 1, tajamkan kedua ujungnya. Hal ini untuk menghemat waktu.
  • Tenang, santai dan positif thinking saat mengerjakan
  • Kerjakan soal yang dianggap mudah dahulu. Karna mengerjakan soal yang susah hanya akan membuang waktu.
  • Untuk soal logika gambar, akan lebih cepat jika dikerjakan dengan cara mengeliminasi jawaban yang salah.
  • 10 – 15 menit sebelum sub tes berakhir, isilah semua jawaban yang masih kosong. Istilahnya “nembak“. Tapi isilah dengan jawaban yang sama, jangan menghitung kancing. Misalnya A semua atau B semua. Hal ini untuk memaksimalkan kemungkinan jumlah jawaban yang benar. Setelah semuanya terisi baru mengerjakan lagi.

Sebenarnya masih banyak sih tips untuk mengerjakan soal yang lebih spesifik seperti bagaimana cara efektif mengerjakan soal logika cerita, soal deret dll. Tapi susah diungkapkan dengan tulisan. Heheh. Jadi cukup itu saja ya. Semoga bisa membantu. ^___^

4 thoughts on “Tips dan strategi menghadapi TPA (Tes Potensi Akademik)

  1. Pingback: Info pendaftaran TPA (Tes Potensi Akademik) « All you will never know

  2. mbak mas ini link yg dikasih ko ga bisa ya ? *link psikotes online
    sy klak klik klak klik ko ga muncul soal2nya ya? terima kasih atas bimbingannya,.
    kalo punya soal2 psikotes tolong dishare ya,.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s