Prosedur Pelunasan sebagian KPR Graha Mandiri

Tanggal 27 Januari 2010 lalu saya melakukan pelunasan sebagian untuk KPR saya. Di website Bank Mandiri tidak terlalu dijelaskan masalah ini dan sepertinya belum banyak yang membahas secara rinci prosedurnya. Jadi kemaren saya harus berkali-kali tanya ke 14000 dan dilempar-lempar ke bagian customer loan, trus ke cabang pembukaan rekening, cabang tempat akad kredit. Huff..

Kebetulan saya akad kredit di cabang Jogja. Jadi ternyata saya harus melunasinya lewat cabang Jogja juga. Karna katanya kebijakan masing-masing cabang berbeda-beda.

Persyaratan utamanya hanya pelunasan minimal 10% dari pokok hutang. Dan akan dikenai penalty 1% jika pelunasan dilakukan sebelum 12x cicilan. Nanti akan ada pilihan apakah ingin memperpendek jangka waktu KPR (dengan besar cicilan tetap) atau memperkecil besar cicilan (dengan jangka waktu tetap).

Prosedurnya cukup mudah. Kita cukup datang ke cabang untuk mengisi formulir dan menyediakan sejumlah uang untuk melunasinya di rekening tabungan. Setelah mengisi formulir, hari itu juga akan diproses dan besoknya uang di rekening tabungan akan didebet secara otomatis untuk pelunasan KPR. Itu kalau kita bisa datang langsung ke kantor cabang tempat akad kredit.

Jika kita tidak bisa datang, kita cukup menuliskan : nama, nomor rekening, jumlah pelunasan, pilihan apakah jangka waktunya yang berkurang atau besar cicilannya yang berkurang. (Saya menambahkan beberapa data seperti alamat, nomor telepon dll). Kemudian itu harus di-fax bersama fotokopi KTP dan buku tabungan ke kantor cabang tempat akad kredit. Sebaiknya hubungi dulu kantor cabangnya. Setelah mem-fax dokumen2 tersebut hubungi lagi kantor cabangnya untuk memastikan apakah dokumen sudah diterima & diproses hari itu juga.

Jika sudah diproses, kita akan mendapat kuitansi yang harus diambil sendiri di kantor cabang.

Besoknya saldo saya langsung berkurang. Yang buruk disini, pihak bank Mandiri tidak menghubungi saya dan memberitahukan bahwa transaksi sudah diproses. Jadi saya harus aktif bertanya2.

Dan ternyata selain berkurang untuk pelunasan, berkurang juga 2% dari besarnya pelunasan tersebut. Wew.. dan lagi2 tanpa pemberitahuan. Dan setelah saya tanyakan ternyata memang setiap melakukan pelunasan akan dipotong 2% untuk penalty, dan akan dikembalikan jika setelah dihitung ternyata tidak kena penalty. Dan benar, beberapa hari setelah itu dikembalikan karna saya memang sudah melewati 12x cicilan. Itupun karna saya aktif menanyakan. Entahlah kalo saya tidak sadar kalo dana saya berkurang.

Well.. semoga bisa membantu.. ^_^

11 thoughts on “Prosedur Pelunasan sebagian KPR Graha Mandiri

  1. pengalaman sy memang seperti itu hrs kita yang aktif…pihak Bank sama sekali tidak memberitahukan..Repotnya kl kita tinggal di kota A. Bank di kota B…lebih bagus lg kl kita selalu minta Rekening koran sisa kredit Rumah..

  2. Jika melakukan pelunasan bertahap, berapa lama jangka waktu dari pelunasan tahap pertama dan tahap selanjutnya? Thanks sebelumnya.

  3. Mo tanya,,jika kita meminta pelunasana sebagian, baik itu mempercepat jangka waktu maupun memperkecil nilai cicilan, bagaimana cara Mandiri menghitung pokok & bunganya? tks,,

  4. saya bingung kenaikan cicilan kok naik dratis padahal suku bunga turun dan saat akan dilunasi kok masih besar jadi kalau dihitung dalam 14 bulan saya hanya bayar 5 juta saja , terus pokok pembayaran saya untuk apa ya ? mohon dijelaskan

    • jawabannya mudah bu : di tahun2 awal , pembayaran ibu 80% nya buat bayar bunga, 20% buat mengangsur pokok pinjaman

  5. saya pinjam 340 juta saat akan pelunasan kok 335 juta padahal sudah berjalan 14 bulan ? saya hanya ingin tahu perhitungannya secara transparan , terimakasih

  6. umumnya bank tabu menjelaskan tentang pelunasan sebelum masa kredit berakhir, tentunya karena berkurangnya pendapatan dari bunga. Anyway, terima kasih untuk info yang baik ini.

Leave a Reply

