Smart paket haier D1200P

Jumat, 30 januari 2009 saya beli paket Haier D1200P dari Smart Telecom. Saya tertarik dengan paket ini, atas saran teman saya karena menawarkan HP+modem seperti ini :

paket smart haier D1200P

Dan inilah yang saya peroleh ketika saya mencoba mengaktifkan layanan internetnya :
I. Sabtu malam saya coba untuk menginstal driver bawaannya. Setelah saya coba untuk dial, ternyata error pada saat dial #777. Padahal jelas2 saya sudah menginstal driver dengan benar, modem terdeteksi, setting jg sudah sesuai dengan manualnya.
Akhirnya saya telpon CS (882). Dan jawabannya tidak memuaskan. CSnya cuma nyuruh menonaktifkan firewall & antivirus dan restart HP.
II. Setelah saya menonaktifkan antivirus & firewall & install ulang drivernya serta restart PC dan HP, ternyata.. tetep ERROR.
Dan akhirnya saya telpon lagi CS (kali ini ke nomor 08811223344). CS bilang kalo yang bermasalah adalah modemnya. Jadi dia nyuruh bawa HP dan laptop ke gallery Smart untuk dilakukan upgrade Modem. Saya menangkap yang diupgrade adalah software di modemnya. Hm… Males banget kalo disuruh ke gallery smart yang terletak di Bekasi (paling dekat). Karna posisi saya di Jababeka, Cikarang.
Akhirnya saya baca lagi manual intsalasinya, ternyata ada tulisan kurang lebih seperti ini “Untuk windows 2000 & XP, silahkan upgrade software di website“. Dari situ saya tau kalo maksud dari CS adalah mengupgrade driver modem, bukan upgrade modem. Kayake CSnya perlu dibekali pengetahuan IT nih.. ~~”
III. 31 Januari..  Akhirnya saya download driver versi terbaru(terpaksa ke warnet), dan saya instal.. Dial #777, verifying user name & passwor sudah sukses.. Tapi ternyata ada error lagi pada saat statusnya sedang “registering your computer on the network“. Kira2 kayak gini Errornya : Error 720 : The remote cannot establish. You sould change the settting. bla bla bla“. Berarti kesalahan terletak di jaringan Smart, bukan di PC saya.
Dan.. saya telpon lagi ke CS. CS hanya membuat laporan dan katanya akan segera ditindaklanjuti. Itu berarti saya harus menunggu..😦
IV. Sesuai saran teman saya, saya mencoba mengaktifkan WAP. Ternyata error juga.
Saya telpon CSnya (lagi). Jawabannya katanya jaringan Smart baru selesai diperbaiki, saat ini sudah bisa dicoba.
V. Saya coba mengaktifkan, ternyata WAP dan internetnya masih ERROR.
Saya telpon lagi CSnya. Dia menyuruh untuk mengganti settingan gateway2 (Di HP tersebut ada 1 gateway deffault dan 2 gateway yang bisa disetting. Pada satu waktu hanya bisa diaktifkan salah satu saja). Ok, saya ikuti instruksi dari sang CS tersebut. Ternyata settingan gateway2 tersebut sama persis dengan settingan gateway1. Nah loh.. buat apa 2 gateway dengan setting yang sama? Pekok banget tu orang.
Saya juga nanya2 internetnya, katanya dia minta waktu untuk memperbaiki jaringan Smart di Jababeka.
VI. Hari berikutnya (1 Feb), pulang dari kantor ternyata ada 2x miscal dr CS smart & 1 sms. Bunyinya kira2 “Sudah diperbaiki, silahkan dicoba lagi”. Tapi abis dicoba.. WAPnya bisa. tapi internetnya tetep sama aja.
Saya telpon CS lagi. Dia memberi panduan troubleshooting, tidak ada kesalahan di settingannya. tp setelah itu tetep error 720.

Update 3 Februari 2008 :

VII. Paginya, saya coba di PC kantor saya. Ternyata berjalan dengan lancar & sebenarnya ga lemot2 banget. Lumayanlah.. Dan ternyata ada seorang teman saya yang mengalami kasus yang sama. Di salah satu PCnya tidak bisa connect, meskipun PC tersebut sudah diformat ulang.
Saya telpon CS (lagi). Dia bilang ada kesalahan di Laptop saya.
Why????

Update 5 Februari 2008 :

VIII. Akhirnya saya coba unistall software2 yang kira2 crash dengan driver modem haier. Ternyata tidak berhasil juga. Akhirnya.. saya format ulang PC saya. Dan.. Hore.. sudah bisa internetan.. :)  Senang rasanya.. meski lemot banget (0-154kbps) kalo dibandingin sama internet di kantor saya, ato di hotel saya waktu di Korea. Hehe.. Tapi lumayan lah buat browsing2 ato main forex. Itung2 melatih kesabaran. Wakakakaa…

Kesimpulan :

  • Kesalahan I (error pada saat dial #777) : Salah instal driver. Driver bawaan smart tidak bisa digunakan untuk Windows XP. Harus download lagi di sini
  • Kesalahan II (error 720) : Terjadi crash dengan software lain. Sayangnya saya tidak tahu, software apa itu. Jadi terpaksa saya format ulang laptop saya.

15 thoughts on “Smart paket haier D1200P

  1. Saya coba jawab ya.
    Pertama mas/mbak icus coba lakukan koneksi di komputer lain dulu di lokasi yang berdekatan, kalo ternyata bisa, berarti bisa diambil kesimpulan kalo ada masalah di komputer pertama. Kalo di komputer ke dua juga g bisa, coba connect di tempat yang berbeda, misalnya di jakarta apabila anda kerja di jakarta. Biar bisa ketauan errornya di jaringan atau ada masalah di komputernya.

    Kalo di komputernya mungkin komputernya bisa dibersihin dulu registrynya, saya saranin pake tuneup utilities 2009, manfaatin masa trialnya. setelah itu uninstall dulu driver yang lama. baru install lagi drivernya, bukan yang dari cd bawaan, tapi harus yang download..

    setelah selese, baru bisa dibuat lagi koneksinya. Kalau ternyata masih g bisa juga, tapi di komputer lain bisa. Windows anda bermasalah. Bisa coba install ulang dengan installer windows yang lain, jangan yang pernah anda pakai.

    Saya g yakin kalo dibilang hape haier ini cuma bisa berjalan di beberapa pc tertentu.. Maaf terlalu panjang.. mudah2an bisa membantu..🙂

  2. Jarak PC kantor & laptop gw sekitar 2km. Mungkin lokasi menentukan jg ya.. Padahal kekuatan sinyalnya sama. Di rumah WAPnya jg jalan. OSnya sama, Driver yg diinstal & settingannya jg sama.
    Hm.. ya uda de.. ntar gw coba dulu..
    Thanx bgt ya sarannya…🙂

  3. Ijin ikutan nimbrung mas, hehe…
    Jangankan 2 km mas, di rumah saya aja beda ruang beda banget kecepatannya.
    1. Di kamar saya bisa konek tapi untuk ngenet walah… payah.
    2. Di ruang tamu mendingan
    3. Di kamar adik saya, cepet banget

    Kenapa coba? Mungkin karena kualitas sinyal dari hp atau dari BTS yang kurang bagus…. atau ada barang dari ruangan yang bisa memperkuat sinyal.

    Pengalaman pake USB modem dengan Starone juga sama kayak gitu.

  4. Kemaren saya coba di laptop teman saya (laptop dengan merk dan seri yang sama), cuma beda satu ruangan. ternyata bisa jalan.. Di laptop saya tetep ga bisa jalan..😦

    • Hm iya ni lumayanlah bisa connect meski kecepatannya tidak memuaskan.. ^^
      udah coba nginstal driver smart dengan keadaan di PC hanya terinstal driver chipset & VGA?
      Karena belakangan saya temukan kalo driver smart crash dengan driver HDA modem laptop saya. Mungkin aja kasusnya sama.

  5. wew… persis bos… laptop axioo gw juga nolak, tapi kalo di PC lancar bener…

    jadi itu driver modem bawaan laptop mesti diuninstall dulu gitu ya?

    mohon pencerahannya…😀

  6. same problem, tapi gak sampe berhari2 n berminggu2 hehe…
    beli dua hari lalu, dicoba di kantor, no problem, koneksi oke, walopun gak cepet2 amat, tapi so what, muraah gitu loh, gak usah ngarepin cepet2 lah… hehe…
    dicoba di leptop rumah, acer extensa, jadul juga 3-4 taun lalu😀, awal2 bisa, sekali konek, diputus, konek lagi, eyoyy… 692, katanya hardware failure.
    aku coba matiin leptop, cabut kabel modem, matiin hape juga (biar kompak :D) n cabut sim, lalu nyalaain leptop, bla bla… konek kabel, terus dial up.. bisa. lemot..
    coba diputus, konek lagi, muncul lagi masalah sama….
    semalem dites ampe cuma 3,4kbps. gileee… lemot n nyebelin

    hmmm… daripada bulak balik belekok, akhirnya diambil shortcut yang paling gampang, BANTAI LEPTOP….
    *karena emang udah agak lama juga gak bantai-bantai-an nih hehe…
    pagi2 udah ngebantai leptop, terus instal dulu semua driver leptop ampe “up n running”, terus instal antivirus, n office.
    baru deh instal ulang driver yg didonglod dari web semar.
    (oh iya, wkt install driver haier, aku disable antivirus n firewall-nya)
    so far so gud, udah berapa kali konek diskonek, gk ada problem. yang problem ternyata masalah kecepatan.

    mulai lah memecahkan problem kedua: LEMOT feat BOLOTZ
    hunting lah pagi2 dari satu kamar ke kamar lain…
    ternyata sinyal yang paling bagus malah ada di “loteng” alias di atas hehehe…..
    sekarang mosting donglod juga gk masalah
    dites pake speedtest.net kena 90kbps download/30kbps upload. lumayaann lumayaannn….

    *tetep masih deg-degan sih… mudah2an tetep lancar. amiin…
    **lumaya gratissss 2Gb/bulan euy…
    ***ups.. sori kepanjangan… semoga berguna yaa prens…

  7. mas kalo sekarang masi ada promonya gag ya??
    soalnya saya penasaran ma smart itu,
    heheheee,
    bls lwat e_mail aja mas. thx

  8. pertamanya sama eror tapi kesini2 gprnah eror lagi tuh.
    drmh saya, smart lumayan. bwt buka FB cmn 7 detik.kalo saya pake smart download bisa ampe 10 KB/s itu juga turun naik . dan itu juga kalo pagi2,
    kreatif2 lah biar koneksinya maksimal,bnyk ko software bwt optimize koneksi internet.

  9. hu uh sadis bgt memang rasanya saat denger CS bilang bahwa yang bermasalah adalah laptop kita. Sampai saat ini, laptop saya sama sekali belum pernah berhasil dipasangi modem tersebut. Di manual book ada perintah untuk memeriksa device manager apakah ke tiga extension sudah terdaftar. Dan memang di daftar tersebut hanya tertera dua dr tiga extension.Saya sudah mencoba berulang2 kali sampai dll OS nya banyak yang hilang.jalan keluar? format, dan jangan coba pasang lagi. hehehe…

  10. Saya punya issue juga nih. Hp saya haier D1200P gak bisa pake WAP. Setting WAP sudah dilakukan. Saat buka pake WAP, muncul error “dial fail”. Kira-kira kenapa ya? Gimana cara betulinnya? Thanks

Leave a Reply

