Investasi Emas

Investasi emas saat ini masih dinilai paling menguntungkan. Emas juga merupakan penangkal invlasi. Konsultan manajemen sekaligus motivator ternama, Tung Desem Waringin, berkata “Sejak 2002 saya sudah bilang emas itu investasi paling menguntungkan,”.

Pengusaha sukses itu bahkan “mencabut” investasinya di sektor  infrastruktur untuk dialihkan ke emas. Ia bersikukuh bahwa tindakan yang dilakukannya benar meskipun banyak orang memilih sektor infrastruktur sebagai instrumen investasi utama. Hal itu karena tren emas sejak zaman dahulu hingga detik ini selalu mengalami kenaikan harga. Namun, untuk kondisi pasar saat ini, ia masih menyarankan calon investor untuk wait and see. “Saat ini pasar masih bergejolak, jadi lebih baik wait and see sebelum memutuskan untuk terjun ke emas,” katanya.

Meskipun harga emas kerap berfluktuasi, dari waktu ke waktu cenderung terus mengalami peningkatan. Contohnya sepekan terakhir, harga emas sempat anjlok ke level Rp230.000 per gram, tapi dalam sepekan berhasil rebound ke posisi Rp266.000 per gram.

Dibandingkan investasi komoditas lain, emas mempunyai banyak keunggulan. Di antaranya, emas merupakan jenis investasi yang nilainya sangat stabil, likuid, dan aman secara riil, serta dapat dikelola sendiri. Dengan demikian, emas sangat layak menjadi salah satu bagian dari portofolio investasi.

Selain itu sangat mudah untuk berinvestasi emas sehingga siapa pun bisa menjadi investor emas. Investasi bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, profesional, pelaku usaha, pelaku bursa ataupun perusahaan-perusahaan sebagai alternatif investasi.

Jenis emas yang bisa digunakan investasi sangat beragam. Bisa berupa gold bar, perhiasan, dinar dll. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di http://logammulia.com/pro_standard.htm.Situs tersebut merupakan situs milik PT. Antam.

Untuk penyimpanannya juga beragam. Kalau untuk emas jenis perhiasan, bisa dipakai atau disimpan di almari. Namun untuk jumlah yang besar, harus dipikirkan tempat yang aman. Alternatifnya adalah penyimpanan di bank dengan menyewa deposit box. Untuk tarifnya biasanya dihitung per tahun berdasarkan besar box. Ada juga yang berdasarkan jangka waktu penyimpanan.

Diagram di atas merupakan harga emas selama 10 tahun terakhir. Jika diagram harga emas 10 tahun mendatang memiliki kecenderungan seperti diagram di atas, tentunya akan sangat menguntungkan jika kita memulai investasi emas sekarang. Tetapi karena saya bukan pakar ekonomi, saya tidak berani memastikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s