Cara cepat belajar bahasa Inggris

Saya ingin bercerita tentang pengalaman saya belajar bahasa inggris. Entah kenapa saya lebih cepat belajar matematika, fisika, kimia dan bahasa-bahasa pemrograman daripada belajar bahasa inggris. Di sekolah dan kuliahpun saya mendapat pelajaran bahasa inggris. tapi sampai akhir semester kuliah, saya masih bingung kalo disuruh ngomong pake bahasa inggris ato mendengar native speakers. Padahal nilai pelajaran bahasa inggris saya selalu bagus. Kalau sekedar membaca ato menulis bahasa inggris, saya masih bisa.

Setelah saya bekerja, peningkatan kemampuan bahasa inggris saya cukup drastis jika dibandingkan dengan pada waktu kuliah dan sekolah. Kok bisa? Terus terang saya baru menyadari alasan-alasannya. Berikut cara yang saya tempuh untuk belajar bahasa inggris.

1. Selama 1 tahun bekerja, saya sudah 3 kali ke Korea Selatan. Untuk berkomunikasi dengan orang-orang di perusahaan saya, di Korsel, saya menggunakan bahasa Inggris. Ini memaksa saya untuk belajar dan berlatih speaking. Pengucapan bahasa Inggris orang-orang sana cukup jelek. Susah sekali mengerti apa yang mereka ucapkan. Mungkin karena mereka susah menghilangkan accent mereka. Jadi saya harus berpikir dua kali, yaitu mendengar dan mengartikan. Tapi lama kelamaan saya terbiasa juga. Setelah sering mendengarkan orang Korea berbicara dengan bahasa Inggris, mendengarkan native speaker berbicara jadi serasa mudah.

2. Saya sekarang hampir setiap hari nonton film barat. Ini cukup melatih kemampuan listening. Kalau pada waktu kuliah saya sering nonton film barat dengan subtitle Indonesia, sekarang saya hampir selalu nonton film dengan subtitle English. Maklum, saya bekerja di ibukota, yang notabene susah sekali menemukan rental-rantal film seperti di Jogja, tempat saya kuliah. Jadi kalau pengen nonton film ya harus download. Dengan subtitle English, mau tidak mau saya harus belajar banyak.

3. Always Study and Review Phrases, Not Individual Words. Cara ini saya temukan setelah mengikuti kursus online di http://effortlessenglishclub.com/. Begitu juga dengan cara-cara ampuh yang lain. Dengan menuliskan email disitu, kita bisa berlangganan email tentang 7rule belajar bahasa Inggris. Sampai saat ini saya belum menemukan situs tentang cara belajar bahasa inggris yang lebih baik dari situs ini. Jika ada yang menemukan, tolong share ya.. ^^

9 thoughts on “Cara cepat belajar bahasa Inggris

  1. hi..salam kenal..thanks buat infonya..
    website ini juga bagus lho, http://www.english-test.net/

    saya stay di singapore baru beberapa bulan sih, jadi sering berhadapan dengan gaya singlish mereka..

    kalo mau listening kamu bagus, sekalian saja gausah nyalain subtitle nya..tapi jangan coba-coba kalo kamu nonton film nya yang ttg politik atau sejenisnya, bisa bisa ketiduran..

    belajar2 juga ttg english idiom, buat memperkaya aja sih..contohnya kaya
    “three times a charm”
    “i’m just pulling your leg”
    “talk the talk, and walk the walk”
    etc etc
    ini linknya…
    http://www.usingenglish.com/reference/idioms/

    cuman share aja..saya juga masih payah klo speaking, butuh waktu 1 – 2 detik buat rephrase di otak saya dari bhs indo ke english..belum lagi kalo gak nemu kata yang tepat..😦

    • Hohoho.. thanx banget infonya.
      Terutama buat yang idiom2 itu. biasanya saya ngerti idiom2 gitu karna terbiasa denger di film. awalnya cm ngira2 artinya. lama2 jadi tau & hafal karena sering denger. ntar de aq coba baca2.. ^^

  2. woooww… sama dengan apa yang saya rasakan sekarang.. saya merasa bahasa inggris saya payah sekali.. thanks atas tulisan dan link nya.. salam kenal.. ^^

  3. hi, alls …..

    waduh makash bngt info2’y,

    mau tau g,

    gw tuh ngrasa gw yg paling payah kya’y dlm bhs inggris,

    pdahal kn bhs inggris diajarin dr SD kan kalo g salah …

    tp kok konek2 y … ??

    tolong friends, kalo punya tips2 yg paten , share yua …
    key ..

    ditunggu,
    oy, Lam knal , saya davi …..

    ^^,

  4. hai…lam knal!!

    ya ni inggris ku jg payah…tkutnya nti klo cri kerja trus test inggris aku g konex…

    ak bleh mnta almt fb g?
    ato email de….bwr syaring2 gtu de.!!
    key thx b4

  5. woooowwww thnx buat infonya…..

    cu di sni kerja, dan di stu stiap hari libur bnyak turis datang…
    mungkin sya bisa mengartikan mereka berbicara tpi sya susah buat mengungkapkan pa yg mau sya ucapkan…..
    Tolong donx kasen srn……

Leave a Reply

