Kesempurnaan

Kesempurnaan itu..
Sebuah bola berlubang yang memberi kesempatan pada kita untuk menambalnya

Kesempurnaan itu..
Sebuah tembok putih
dengan noda-noda yang memberi kesempatan pada kita untuk membersihkannya

Kesempurnaan itu..
Ruang kosong yang memberi kesempatan pada kita untuk mengisinya

Kesempurnaan itu..
Kekurangan yang memberi kesempatan pada kita untuk menjadi lebih baik

Pemeriksaan kehamilan kedua week 34

Dua minggu ini punya PR nungging2 (cest-knee position) biar janin ga sungsang. Bayanginnya udah serem deh kalo bayi sungsang. Bakal operasi sesar, ga bisa IMD, ribet dsb dsb.. Hu hu… ¬†Karna dulu si mas bisa balik ke posisi normal dalam waktu 3 hari, pas minggu ke 33 Saya periksain ke puskesmas (yg deket kantor aja). Ternyata masih di atas kepalanya. Sempet nanya ke bidan, gimana sih caranya tau letak kepalanya, bidannya bilang ya diraba aja kalo keras & bulat berarti itu kepala. Udah nyoba2 tapi kok tetep ga bisa mbedain mana yg kepala mana yg pantat ya.. *ga bakat jadi bidan*ūüėÄ

Trus pas senam hamil kan dipriksa juga sama bidan yang jadi instruktur senam, Eh masih di atas juga.. Padahal emaknya udah nungging2 sampe pegel. Padahal perasaan posisi nungging udah bener. Udah sesuai ajaran bidan Riris pas senam hamil. Minimal 2 x sehari dengan durasi minimal 15 menit pas janinnya lagi aktif juga. Udah sering mengajak komunikasi si dedek juga biar posisinya benar. Okedeh.. Sepertinya si janin masih menikmati posisi itu.. Sabar..

Tiba saatnya minggu ke 34 waktunya kontrol. Siap2 reservasi dokter Enny. Eh ladalah ternyata antrinya ampun deh.. Dapet antrian nomor 22, 8 hari setelah nelpon. Wuah kok pasiennya jadi menggila gini ya. Hix.. Padahal sebelum2nya langsung dapet hari itu juga lhoh. Mau priksa yang di JIH tapi jamnya ga pas.. Continue reading

Pemeriksaan kehamilan kedua week 32

Wah sudah 32 minggu aja ya.. Ga kerasa? Kerasa laaah.. Kehamilan kali ini lebih kerasa drpd kehamilan Kali pertama. Karna maboknya lebih parah dan karna tanggung jawab & kerjaan lebih berat. Punya anak balita soalnya.. Tapi ya dinikmati aja. Anggap aja naik level kehidupan. Hehe..

Dan masih ke dokter detail & perfeksionis, dr. Enny. Mungkin Karna kita sama2 detail & perfeksionis ya jadi cocok.:)

  • Good news-nya dulu ya.. Dari berat badan, gerakan tidak ada masalah.. Plasenta grade 1, ketuban agak berlebihan.
  • Tapi… Kepalanya kok di atas ya dek. Sama persis kayak masnya dulu. 32 minggu juga kepalanya di atas. Tapi 3 hari kemudian setelah nungging2 , balik lagi ke bawah. Kompak bener..
  • Dan karna kepala di atas, jadi harus pake penyangga perut karna kemungkinan untuk lahir cepat lebih besar. Makenya dibawah pusar. Dipake kecuali pas tidur. Wew padahal Dulu pernah nyoba tp kok malah ga nyaman ya.. Perut rasanya kayak tertekan. Tapi demi si janin gapapa lah..
  • Keluhan kali ini sering kontraksi palsu & keluar lendir putih kental dari ms. V. Takutnya¬†cairan ketuban mrembes. Sampe akhirnya aku cek pake kertas lakmus, hasilnya asam bukan basa. Jadinya bukan air ketuban. Dan si dokter nya membenarkan kalo itu bukan cairan ketuban.
  • Dokter bilang jangan kecapekan & jangan berhubungan dulu. Wah rada susah ya kalo jangan kecapekan.. Secara punya balita yang aktif banget, masih kerja & lagi ga punya ART. hix hix.. *malah curhat*
  • Protein harus dibanyakin soalnya perkembangannya lagi pesat2nya.
  • Senam hamil berhenti dulu Karna takutnya mengejan ntar malah keluar. Wah jangan sampe premature deh.. *praying*
  • Oya karna keluhan2 diatas jadinya di USG vaginal juga buat ngecek serviks apa ada kemungkinan premature, hasilnya serviksnya oke ga ada tanda-tanda kemungkinan prematur.
  • Vitaminnya ditambah enervon-C.

Rasanya kehamilan memang jauh¬†lebih menantang daripada kehamilan sebelumnya.. Jadi berpikiran¬†untuk ikut mensukseskan program pemerintah aja deh.. ‘2 anak lebih baik‘ gitu kalo kata BKKBN.ūüėÄ

Pemeriksaan kehamilan kedua week 27

Kunjungan rutin kali ini, saya harus membawa hasil tes hematologi lengkap, golongan darah (plus resus), urine rutin & glukosa sewaktu. Saya cek lab 4 hari sebelum kunjungan. Dan hasilnya lumayan bikin galau.. Jadi untuk hb, gula darah normal. Tp leukosit saya di atas rata2. Yang normal 3600-11000 sedangkan leukosit saya 11970. Kemudian dari hasil cek urine rutin, yg janggal adalah warnanya yg agak keruh, sedimen epitel 20-25 (normalnya 5-15/lpb) dan bakteri positif. Dari hasil browsing, kemungkinan ISK (Infeksi saluran kemih) yang harus segera ditangani dg antibiotik. Kalo tidak bisa mengakibatkan prematur atau berat bayi lahir rendah. Ada yang bilang bisa pecah ketuban dini juga.. Huhu.. serem jg ya..

Jadi nyesel jg kenapa selama ini sering banget nahan pipis. Kalo udah asik ngerjain apa gitu jadi males ke kamar mandi. Hix.. Padahal saya pikir udah melakukan yg terbaik.. Continue reading

Pemeriksaan Kehamilan week 17 & 21

Pemeriksaan kali ini waktu umur kandungan 17 minggu. Lagi-lagi puas banget dg pemeriksaan kali ini. Lengkap kap kap..

  • Berat saya naik 1,5 kg kalo dibanding bulan lalu. Makin bunder aja deh.. :p
  • Begitu masuk, di USG eh dokternya tiba2 langsung nyeletuk jenis kelaminnya. Apa itu? Sementara ini cukup saya, suami, dokter dan tentu Tuhan aja yang tau ya. Biar aja orang nebak2 dulu sesukanya. :p Takutnya jg blm pasti karna masih 17 minggu. Yang jelas dijelasin kalo perempuan, diantara selangkangannya itu datar, tidak menonjol. Sedangkan kalo laki-laki itu sebaliknya. Dokternya bilang nanti akan dipastikan lagi sewaktu kandungan berumur 6 bulan.
  • Setelah itu saya dikasih air mineral 1 gelas disuruh nghabisin. Ternyata buat merangsang agar si janin mau gerak. Baru tau ada metode kayak gini. Dokternya bilang makanya harus banyak minum air karna makanan itu didistribusikan oleh air. Plasenta akan menyerap makanan dr usus kalo ada air. Trus saya disuruh agak miring ke kiri. Benar saja begitu airnya sampai diusus dan kmdn diserap oleh plasenta maka janinnya gerak2.
  • Trus dicek matanya bening jadi ga ada katarak, kepala normal tidak ada hidrosefalus, bibir tidak bolong berarti tidak ada bibir sumbing. Ada 2 buah kaki, 2 buah tangan, jantung, kandung kemih.
    Alhamdulillah..
  • Pertanyaan saya kali ini kelainan apa saja sih yang bisa dicek pake USG. Dokternya bilang semua kelainan kecuali tanda lahir.
  • Saran yang baru : kali ini harus dibanyakin proteinnya karna 70% perkembangan otak itu ada di rahim. Olahraga jalan kaki 10 menit 2 kali seminggu. Agar ibunya kuat. Kalau kuat virus akan susah masuk. Oke deh akan saya usahakan. Karna bulan lalu masih jarang2.
  • Vitaminnya diganti dengan yang lebih banyak kandungan gizinya yaitu Obipluz.

Continue reading

Pemeriksaan kehamilan kedua semester pertama

Pengeeen banget sharing soal betapa puasnya saya dengan bu dokter cantik, pintar dan sangat informatif ini. Perjalanan mencari dokter kandungan pada saat kehamilan pertama saya cukup panjang. Akhirnya saya kepincut dengan Dr. Enny  S Pamudji meskipun akhirnya memilih dokter Detty SPOG pada saat melahirkan dengan alasan memaksimalkan hak ASKES saya di RS Pemerintah. Hehe.. maaf ya dr. Enny..

Dan kehamilan kedua kali ini saya kembali ke dokter Enny. Ini nih yang enak dari dokter Enny :

  • Pinter, Informatif dan detail buuuanget.. ga perlu ditanya juga bakal jelasin panjang lebar A-Z kayak kuliah. Banyak tes ini tes itu juga. Banyak saran yang ga mudah kita temukan dari sekitar / internet.
  • RUM banget. Rational used of medicine. Ga gampang ngasih obat. Pokoknya sealami mungkin.
  • Praktek di rumah ( Jl. Solo) dan JIH.¬†Kalo saya lebih suka dirumahnya. Karna lebih murah & lebih gampang. Bisa daftar lewat telpon ke 0274-6552400. Petugas pendaftarannya ramah banget dan sangat membantu (ini jauh lebih baik dari tahun 2012 silam). Jadi bakal dikasih tau dapet nomor berapa dan harus datang jam berapa. Kalo dokternya ada perubahan jadwal akan di SMS. Jadi kita ga perlu buang2 waktu buat ngantri di sana. Paling¬†ngantri antara setengah sampe satu jaman saja.
  • Pro ASI, pro normal, pro IMD
  • Ngeprint USG sesuka dokternya. Kadang sampe 2 bahkan 3. Tanpa biaya tambahan. Dapet album USG pula.
  • Dapet buku rekam medik¬†untuk ibu hamil. Beliau¬†rajin nulis di buku itu. Lengkap banget tulisannya meski susah dibaca :p Jadi kalo mau pindah dokter, kita udah punya datanya.
  • Print USGnya jelas banget kalo dibandingkan dengan yg lain. Mungkin karna spesifikasinya lebih tinggi kali ya.
  • Bisa lama USGnya.. kadang USG abdominal (di perut), kadang juga trans V. Tergantung kebutuhannya.

Pemeriksaan PERTAMA adalah waktu kandungan berusia 5 minggu. Continue reading

Menyapih anak lanang

Setelah berhasil meluluskan S3 ASI si buah hati tercinta, tentu semua ibu berpikir untuk menyapih si anak. Dan tentunya masing-masing punya pertimbangan cara dan waktu yang tepat untuk menyapih si anak. Pernah denger weaning with love kan ya.. Kalau belum pernah denger coba deh baca kultwit aimi. Intinya menyapih dengan cinta, damai, anak & ibu sama2 siap.

Well.. Saya juga ingin weaning with love juga tentunya.. Dan inilah usaha-usaha saya untuk mencapainya.. Continue reading